Latest News

Friday 14 April 2017

Communication The Gospel



William Barclay
"Communicating the Gospel"
G. Mulia, Jkt, 1986

Bbp anjuran Bp2 Gereja ttg membaca Alkitab sbb:
- Clement dr Alexandria (Homily II meg. k. bilangan) waktu yg terbaik membaca kitab suci ketika anggota keluarga berkumpul bersama untuk makan
  (Paedagogas 3.12.87)
- Tertullian & Clement (-------ll---------- 2.19.96)
  Suami dan isteri harus mempelajari Alk. dan membacanya bersama-sama
- Chrysostomus ( Homily I mengenai Lazarus)
  membaca Alkitab setiap selesai makan malam sblm istirahat malam
- Jerome (Letters 54.11) kiasan yang bagus:
  "Kalau kau sdg makan, ingatlah bhw kau hrs sgr berdoa dan membaca Alk. seusainya... jgn mengundurkan diri utk tidur sblm kau mengisi hatimu dgn
   membaca Kitab Suci"
- Caesarius ( Sermon 141 ) untuk orang sibuk, membaca Alkitab pd wkt makan
- Chrysostomus: Alk bg org Kristen sama seperti alat2 bg tukang yg termiskinpun hrs membelinya (95T)
                         Hrs memanggil tetangga2 kita bersama membaca Alkitab (76T)
==========================================================================================================================
Bbrp petunjuk ttg pembacaan Alkitab dlm Perjanjian Baru:
Tim 4:13 - "Sementara itu, sampai aku datang bertekunlah dlm membaca Kitab Suci"
Why 1:3 - "Berbahagialah ia yg membacakan dan mereka yg mendengarkan kitab nubuat"
Barnabas menadaskan:
S.Bar 21:6 bahwa sma org Kristen hrs diajar Alkitab dan harus menyelidiki apa yg Tuhan katakan kpd mereka (74T)
Polycarpus menulis kpd Gereja di Filipi:
Fil 21:6 "Saya harap engkau terlatih baik mengenai Alkitab"
Surat Clement yg kedua berbunyi (isinya) :
12 Clement 14 Gereja yg hidup = Tubuh Kristus
                       Kitab Suci P.L & Para rasul = Gereja - bkn - fenomena sementara & duniawi ttp sbg sst yg turun dr atas
==============================================================================================================================
Soedjono D.
"Pelacuran Ditinjau dr Segi Hukum dan Kenyataan dlm Masyarakat"
Bandung, PT Karya Nusantara, 1997, hal 117
- Menurut Soedjono D, ada 3 faktor utama yg menyebabkan wanita menjadi pelacur, yakni faktor ekonomi (kemiskinan, hidup mewah, dll); faktor sosiologis
  (seperti urbanisasi dan keadilan sosial); dan faktor psikologis seperti ingin membalas dendam, malas bekerja, dan seks maniak
- Menurut H. Ali Bakar "Pelacuran dan Penyakit Kelamin", Dan Kemaka, July, 1967, hal 116: O faktor: Tekanan ekonomi, tdk puas dgn posisi yg ada,
  karena kebodohan, cacat kejiwaan, karena sakit hati dan karena hypersexual
Cbdk Dolly-Tjahjo
Purnomo  - Ashadi Siregar
==========================================================================================================================S
"With God all things are possible"
Batam Book, Avenue, N Y, U S, Feb 1981
Page 44
As Barrie, the belove author say:
"Happiness lies not in doing what we think we'd like to do, but in liking what we have to do"
=========================================================================================================================
Kompas, 13 Jan 1983
hal III
Sasaran Pencuri: Pagar Rumah tinggi masa bodoj
Kadit bin mas Kodak VII Metrojaya, Letkol (PoL) D. Nainggolan, dr bbp kasus yg dilakukan, para penjahat lebih menyukai sasaran serumah yg berpagar tinggi,
sebab dlm rumah berpagar tinggi itu lebih leluasa beraksi. Sebagian rumah yg berpagar tinggi yg menjadi korban, biasanya barang2nya terkuras habis.
- perlu saling mengenal antara rumah yg berdekatan. Sebab kalu masa bodoh terhadap lingk akan mempersulit Kamtibmas
==========================================================================================================================
Kucari Jiwaku
William Blake dlm: "Reflections on Apostolic Celibacy"
Oleh Pater O'Leary ( seorang staff Manresa House, Dollymount, Dublin, Irlandia)
nama: Brian O'Leary, SJ
Kucari jiwaku
namun tidak kulihat dia
Kucari Allahku
namun Ia lepas dari tanganku
Kucari seorang kawan
dan ketiganya itu kutemukan

dari Review For Religious, Vol 39, 1980
1980, 177-182, oleh A. Adiseputra, SJ.
(dlm Rohani Maret 1983/No. 3) hal. 85
==========================================================================================================================
Garis Besar kebaktian Sinagoge
1. Mulai dgn pengakuain iman orang Yahudi: Shema "Dengarlah" (imperatif)
2. Pembacaan Alkitab (hukum Taurat Musa & kitab Nabi2)
3. Khotbah dlm arti penjelasan Kitab Suci
NB: - Tdk ada yg secara resmi memimpin acara2 (kecuali berkat selalu disampaikan oleh imam)
      - Khotbah selalu diikuti diskusi umum
      - Khotbah (perdebatan) soal jawab
        Kis 6:9-10, Kis 17:2, Kis 18:2, Kis 18:19
      - Khotbah mula2 = dialog
===========================================================================================================================
Beerita yg disampaikan gerja pd jaman Kisah Para Rasul (mempunyai) sebuah pola:
1. Berita pokoknya adalah Kerygma. (maklumat sbg perantara):
    jaman baru terbit melalui: kehidupan - kematian - kebangkitan Yesus Kristus
2. Pokok yg kedua dlm kerygma baru semua ini merupakan penggenapan langsung dr nubuatan
3. Pokok yg ketiga deklarasi = bhw Tuhan Yesus tlh naik, duduk sebelah kanan Allah Ia akan datang utk menghakimi yg hidup dan mati
4. Pokok yg keempat: Undangan & janji undanga utk bertobat dan menerima karunia Roh Kudus
    Pertobatan = metanoia = perubahan prinsip berfikir, terhadap semua hal berubah
5. Pokok yg kelima: menawarkan janji 'pilih" jalan benar/salah
    Jika hidup ditolak akhirnya kematian dr awal s/d akhir Alkitab kita diberi suatu "pilihan"
=========================================================================================================================
Kehidupan Yesus dapat dilihat secara jeas bila dibaca Mks sekaligus.
Mks -> Persiapan -> Konflik -> Tragedi -> Kemenangan (50A)
==========================================================================================================================
Mengerti Alkitab melalui paradoks, tanpa penekanan yg berlebihan:
1. Satu segi Alk hrs terbuka bg sma org, dilain pihak berbahaya bila hal itu terjadi.
    Gereja Protestan mengajurkan Alkitab menjadi bk yg terbuka - tp dpt berbahaya pd org Quaker dgn sukarela mau melayani
    suka damai tdk boleh berperang . KS dibatasi
2. Protestan menerima prinsip Alkitab adlah kaidah tertinggi utk iman dan kehidupan (68B)
   Alk= agama org protestan. Paradoksnya: bhw iman itu lebih dahulu kpd Alkitab. Bkn perjanjian Baru melahirkann iman tp iman  melahirkan P.B
   Gereja lebih dahulu
3. Alk pd saat yg sama dpt digunakan oleh pikiran yg paling sederhana sekalipun baik pd satu waktu itu, selama lamanya, sekaligus tdk hbs dipelajari oleh
   studi terdalam.
4. Alkitab adalah firman Allah yg diinspirasikan (diilhami oleh Allah) benar!
    Persoalan: Apakah Alkitab dpt diterjemahkan dan ditafsirkan? Mungkinkah mengalih bahasakan yg sama sekali Firman Allah? bukankah dpt terjadi
    perubahan dlm terjemahan. Terjemahan harus dilakukan dlm Gereja temp R.K = tradisi
=========================================================================================================================
5 kasus melalui pertemuan langsung dgn Alkitab terjadi pertobatan sungguh
1. Yustinus Martus, menjadi Kristen setelah melalui semua filsafat. Dia terkesam melihat nabi2 mewartakan kebenaran kpd org2 tdk meminta penghormatan
                             dan tdk menakuti orang...(79A) berbicara hanya mengenai pekara yg mereka lihat dan dngar krn dipenuhi Roh Kudus
2. Tatianus - telah belajar banyak Filsafat Kafir. penulis tanpa kepalsuan, pemerintahan alam semesta terpusat pd satu okmum, menghakpiri perbudakan...
3. Theophilus dr Antiokh, mulanya tdk percaya od org Kristen, setelah berjumpa dgn Kitab Suci dr nabi2 suci
4. Athenagorus, sarjana jaman dulu, penulis apologi yg terbaik. Mulanya dia mau menyerang org Kristen, mempelajari kelemahan Kitab Suci.
    Dia dimenangkan Roh Kudus menjadi Guru Besar seperti Paulus (80T)
5. Victorinus menemukan buku2 yg ditulis Musa & nabi2, menemukan kitab2 yg diucapkan oleh Allah Pencipta, bersaksi mengenai diriNya sendiri
    "Aku Ada..." (Kel 3:14" (8!A)
=============================================================================================================================
Garis Pemikiran gereja mula2 dlm Alkitab hrs dibaca, melalui wewenang tertentu:
1. Pengikut2 yg muda, blm matang tdk mungkin dpt menguasai dalamnya dan luasnya Alkitab dann dokumen2nya Harnack & Cyprianus merasa membutuhkan
    petunjuk dan bbngn bk khusus (81)
2. Alkitab = bk yg sulit = pembacanya butuh pembimbing agar tdk menyesatkan (Ambrosius, Concering Paradise 58)
3. Dgn meningkatnya bidaah. Mereka memberikan makna kpd Alkitab sesuai dgn apa yg mereka inginkan. Mereka membaca kepercayaan mereka sendiri dlm
    Alkitab, bkn mendengarkan Firman Allah dr dlm Alkitab. Utk itu perlu semacam wewenang mengatur Alkitab
    Ada 4 tokoh: Ireneus, Tertullianus, Agst, Vincent
4. Pd hakekatnya perlu batu penguji utk kepercayaansso hrs menunjukkan kesetiaan kpd kepercayaan ttu sblm jd anggota itu - Demikian Gereja (90A)
    Dkl. Tidak boleh ada dlm Gereja exklusifisme, dan individualisme dlm menafsirkan Alkitab (90T)
    (bkn siaoa yg menyatakan, ttg apa yg mereka katakan)
5. Tradisi bisi berbahaya, seperti Nasihat Nathin kepada Luth. Jgn sampai Tradisi menganti, tp sama2 Alkitab Hirarki dan liturgi bkn Tuhan, ttpalat pembantu
    bertemu Tuhan. Alat tdk sm dgn tjuan
==========================================================================================================================
Pengertian tradisi menurut Gereja Katolik, sbagaimana yg diartikan Protestan sbb:
"Encyclopaedia of Religion & Ethics, RP Williams) sbb:
TRADISI melibatkan 3 hal:
1. DEPOSITO-> TEMPAT PENYIMPANAN DEPOSITO-> KPD SIAPA DEPOSITO DIPERCAYA
    Ad 1. Dep-(katolik)= hidup Yesus, kebangkitan, wahyu kebenaran doctrin Agung Gereja, Sakramen
                                   Bdk Kis 1:2, Lk 24:44,45. Mt 16:18, Mt 28:20. Yoh 16:13
    Protestan bereaksi bkn melawan depositonya melainkan melawan 'penyimpanan deposito'
    Alkitab; dan hanya Alkitab tempat penyimpanan tradisi.
    Ad 2. tempat penyimpanan deposito (katolik)= pertama rasul2, uskup, konsili agung, konsili vatikan 1870 paus (Gereja) tdk dpt berbuat salah.
             Paus Pius IX= "Sayalah tradisi itu,"apa beda dgn soo menyatakan "tadi malam Tuhan membisikkan sst pd saya"
             artinya "sgl sst mungkin" bersama Allah. Tdk ada yg mustahil =prescreption= ada kebenaran yg sunggu real 100% disana
Ad 3. Kpd siapa Deposito itu dipercayakan? Protestan menghadapi kesulitan siapa meletakkan dep. di Alk
         Kesulitan Protestan: sebenarnya Gereja mendahului P.Baru dan nyatanya telah menerapkan P.Baru (94B)
         - Gereja Katolik menerima Akrokrip sbg Alk: doa utk org mati dibenarkan (2 makabe 12:43-45)
===============================================================================================================================
Cara Gereja utk memutuskan tafsiran2 Alkitab yg ortodoks & yg mana bidaah, Ym pokok iman & ym  merusak iman: bbp tokoh berpendapat:
1. Ireneus: Yesus sendiri mengajarkan eksegese Alkitab yg benar Lks 24:27 Ia menjelaskan danmeneruskan kpd rasul2:
                 "Jk sso ingin mendapatkan pengertian rasuli yg benar dia hrs membaca Alkitab bersama dgn tratua Gereja" (Ireneus, Against Heresies, 4.32.1)
                  Yesus - RasulNya - Uskup - Rasul2Nya Gereja
2. Tertullianus (200M) "Concering The Prescription"
    - prinsip awal hrs ditetapkan terlebih dahulu
      Tertullianus: Alk milik Gereja, tdk siapapun berhak memakainya kecuali Gereja! mempunyai 3 prinsip dasar (=Ireneus):
                         I. Yesus dtg membukakan kebenaran
                         II. Dia mempercayakan kita kpd rasul-rasul
                         III. Mereka meneruskan kpd Gereja2 Apostolik
     Dkl. Hanya Gereja Apostolik memiliki kebenaran dan tradisi
     (The Presdription of Heretic 20,21) Ak. mil. Gereja
3. Agustinus - (397M) "Concerning Christian Doctrine"
    2 prinsip tafsiran yg benar sbb:
             1) mengerti Alkitab = membangun kasih yg melihat kpd Allah dan sesama
             2) Bila ragu-ragu terhadap Alkitab/tdk ada alternatif, "dia harus mencatat keterangan dr Kaidah Iman" (tradisi Gereja)
4. Vincent dari Lerinum (434M) "The Comminitorium"
    Garis nabi dan Rasul haarus diarahkan kpd Gereja dan Katolik = Quod Ubique, quod semper, quod abomnibus = perkara yg tlh dipercayai dimana2
    di setiap waktu, oleh setiap orang (I Tim 6:20)
    "Hei Tim, peliharalah apa yg tlh dipercayakan padamu" Alkitab haruslah ditafsirkan sesuai dengan TRADISI GEREJA
==========================================================================================================================
Thn. 397M Agustinus mengutamakan 2 prinsip yg menentukan apa yg menjadi tafsiran yg benar.
1. Tafsiran yg benar adalah membawa tafsiran itu mengasilkan kasih kepada Allah dan seama (Concerning Christian Doctrine 1.36.40)
2. Bila mengalami keragu-raguan (dgn bbp alternatif) maka hrs mencari keterangan dr Kaidah Iman (tradisi Gereja)
    (Agustinus, Concerning Christian Doctrine 3.2)
Gereja adalah tubah mistik Kristus, hidup dan berkarya ditengah kehidupan umat manusia.
Suara Gereja itu secara jelas dan kasat mata adalah Alkitab. (87T)
=========================================================================================================================
Guru Luther di biara Erfort Nathin yg melarang Luther studi Alkitab secara pribadi. "Saudara Martin," katanya,"janganlah pedulikan Alkitab. Bacalah karya2
guru2 masa silam; mereka memberikan kepadamu seluruh sumsum Alkitab. Membaca Alkitab hny melahirkan kegelisahan"
(T.M Lindsay, History of The Reformation 1. 199. 200) 90T
Kurang adil kalau sso hanya mengingat kekeliruan seorang guru, melupakan guru yg bijaksana. Sama dgn mengutuk hujan sehari sbg pemberian Tuhan yg
telah memberikan 29 hari baik dalam sebulan.
Demikian, kita bersyukur, atas keberhasilan Luther, sbg sst perkembangan semua dpt menyentuh Kitab Suci menggab pandangan Consili Vatikan II terhadap
Kitab Suci secara keseluruhan.
==========================================================================================================================
SISTEM DAN LITURGI
Selalu bisa terjadi ada org yg mengasihi sistem lebih dpd Allah dan karenanya mengagungkan sistem Gereja. Ada kemungkinan kita menjadi begitu jatuh cinta
kepada kesempurnaan ritus dan tepatnya liturgi sehingga perkara2 ini disamakan dengan penyembahan dan bahkan dgn agama.
Bentley (sarjana bhs klasik besar) berkata: Kita tidak boleh tenggelam dalam detail2 tata bhs sehingga kita kehilangan pandangan terhadap res ipsa, atau
bendanya sendiri. Dan Gereja belum pernah dpt melepaskan diri dr bahaya memuja sistem lebih dpd memuja Allah
Rosario, adalah sistem, hati2lah. Jangan dikira kalau sso sudah melakukan perpuluhan/litani diterima Tuhan yg dilihat isinya, bukan kotaknya.
==========================================================================================================================
Mengkomunikasikan Injil Menurut Kitab Para Nabi
Perkara2 yg dilawan oleh para nabi: - penyembahan berhala (pemujaan thp ciptaan man itu sendiri,bkn penyembahan thp Dia yg menciptakan man)
                                                      - sinkretisme= agama tiga tktn: polytheisme, henotheisme, monotheisme
                                                                            agama dpt bertahan bila menolak kompromi dgn lingk dan hny memuja Allah saja.
                                                                            Tugas manusia thp Tuhan = melalui kasih thp TUHAN dan MANUSIA (tdk dpt digantikan)
Hari Tuhan menurut versi Nabi dibagi 3: - hari akan datang mendadak (Mat 4:5) (181)
                                                           - hari hancurnya struktur dunia yg sekarang
                                                           - hari penghakiman yg terakhir
                                                           - melihat hub. Allah & umatNya = HUBUNGAN PERKAWINAN -> ISRAEL = Pengantin wanita Allah
                                                                                                                                                           ALLAH = Suami Israel (19A)
Kebenaran abadi: - Allah tdk meninggalkan dunia
                           - Sejarah membawa tujuan itu
                           - Dunia tdk kebinasaan, cipt. kembali
Nubuatan para Nabi (19A) --> ( bdk. Yes 62:5, Yes 54:4 )
Hubungan ini mengesampingkan: hub. Majikan&Hamba, Raja&Bawahan --> Hub. antara yg MENGASIHI & YG DIKASIHI (Yer 2:2) (198)
Dr hubungan inilah muncul pengertian: - Allah yg cemburu (Kel 20:5, 34:14; Ul 5:9, 6-15; Nah 1:2) (20 A)
                                                         - Tdk dpt membagi kasih, sso tdk boleh membagi kasihnya thp org lain. (Hukum /= Cinta)
Menurut pendapat J.Muilenburg dlm Dictionary of the Bible, edisi Hastings, seorang NABI Yesaya & Yeremia adalah
  Yes --> - penyair yg terkenal,bicaranya kuat,penuh perasaan,penguasaan irama,kemegahan & keluasaan (21 A)
  Yer --> - kepekaan yg luar biasa,bermata bertelinga tajam,cepat memberikan respons thp semua yg bergerak di sekitarnya.
Menurut pendapat James Peterson, mengingatkan ttg "org yg memiliki pesona kata2" oleh seorang Nabi:
                          - "kata2 tdk hanya bunyi;kata2 adalah "suatu unit energi yg sarat dgn kuasa"
                             Cth: Kej.27 -> berkat Ishak kpd Yakub diperoleh dgn tipu,berkat tdk dpt ditarik kembali.
                                    Firman Tuhan memiliki kuasa sedemikian rupa sehingga menjadi seperti palu yg menghancurkan sebuah batu
                                    (Yer 23:29).Ibrani,10.000 kata (hati2)Yunani>200.000 kata
Para Nabi menyajikan beritanya dgn cara - mengejutkan pendengarnya
                                                              - dgn kata2 saja tdk cukup. (Yes 6:10) --> dibutuhkan nubuatan yg didramatisir
                                                                 Drpd mengatakan sst,mereka melakukan sst,seakan berkata"Kalau pintu gerbang telinga ditutup,
                                                                 mereka menyerang melalui pintu gerbang mata"
Ahia (1 Raj 11:26-37)                               - ingin membuat situasi politik jelas bagi bangsanya (22B)
Yesaya                                                  - bangsanya terlalu sibuk dgn perencanaan perserikatan2 politik
Yeremia                                                 - menunjukkan akibat apa yg akan terjadi krn ketidaksetiaan mereka
Yehezkiel (Aktor terbesar)                      - bukunya penuh dgn tindakan2 nubuatan besar. Yeh 4:1-3
Bbp kesimpulan pandangan Nabi: (24T)
  @ alam dan sejarah merupakan tempat dan lingkungan tindakan Tuhan --> Nabi melawan penyembah berhala, sinkretisme
  @ agama hrs berpaling kpd tindakan politik dan keadilan sosial --> tanggung jawab hrs menyertai hak,
                                                                                                       jika Allah memillinh bangsa --maka bgs itu ada tugas
 @ melihat dunia bergerak --> dunia punya sasaran,tujuan,penyempurnaan,pengadilan dan penciptaan dunia kembali.
NABI berbicara kpd UMAT MANUSIA 3000 thn YANG LALU = DIA masih berbicara kepada KITA -SEKARANG- kpd siapa/dimana saja,
yang punya telinga untuk mendengar dan memiliki hati untuk mengerti (25)
========================================================================================================================
Pegui, Filsuf Prancis berkata:
segala sst yg mempunyai nilai selalu mulai dgn mystisisme dan berakhir dgn politik, dan para nabi itu yakin bahwa visi Allah hrs terlaksana dlm peristiwa2
Dulu tugas nabi
- menghardik raja2, penguasa2, dan menekan, bw bangsanya tdk boleh bergantung pd sekutu2 asing melainkan pd kesetiaan Tuhan.
Ketika Niomoller berbicara kpd Hitler mengenai kekuatiran yg dirasakannya dan dirasaka gereja ttg situasi di Jerman, jawaban Hitler adalah:
"Kau urus saja Gereja dan serahkan masalah2 Negara kpd saya"
Akibatnya adlah malapetaka.
Hakekat etis dr agama (menurut Nabi):
- tdk terbatas pd digma politik ttp hrs menguasai seluruh kehidupan org Israel (kecil2nya)
(Bdk. Yesus:perhatian yg terkecil di antara kamu= saya
- Keadilan sosial dlm sehari-hari hak2 orang banyak